Sunday, Sep 08

Rasulullah Ingatkan Semua Pemimpin Diminta Tanggung Jawabnya

Rasulullah Nabi Muhammad ﷺ dalam sabdanya mengingatkan bahwa setiap manusia adalah pemimpin dan pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban. Begitu pula agama Islam mengajarkan agar manusia menjadi pemimpin yang baik, adil, jujur, amanah dan bijaksana.

Abdullah bin Umar mengatakan, Rasulullah ﷺ berkata, "Ketahuilah bahwa setiap dari kalian adalah pemimpin dan setiap dari kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya, seorang pemimpin umat manusia adalah pemimpin bagi mereka dan ia bertanggung jawab dengan kepemimpinannya atas mereka."

Piagam Madinah Bukti Ajaran Muhammad ﷺ Inspirasi dunia

Sampai dengan wafatnya, Nabi Muhammad  ﷺ   telah melakukan interaksi intensif dengan seluruh kelompok agama (Paganis, Yahudi, dan Nasrani), budaya-budaya dominan, dan kekuatan-kekuatan politik terbesar ketika itu (Persia dan Romawi). 

Ayat-ayat Alquran yang berbicara tentang kaum Yahudi, Nasrani, Persia, dan Romawi menggambarkan bagaimana kaum Muslim telah digembleng dan diberi pedoman yang sangat gamblang dalam menyikapi budaya dan agama di luar Islam.