Alhamdulillah, Masjidil Haram Kembali Dibuka untuk Umum

MAKKAH, iNews.id – Masjidil Haram di Makkah kembali dibuka untuk umum di kalangan umat Islam. Kerajaan Arab Saudi pada Minggu (18/10/2020) ini mengizinkan warga negara dan penduduk yang tinggal di negeri itu untuk sholat di tempat paling suci umat Islam itu.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menangguhkan kegiatan ibadah di Masjidil Haram sebagai bagian dari upaya untuk menahan penyebaran virus corona (Covid-19). Pada musim haji tahun ini pun, jumlah jamaah dibatasi dan mereka diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

Berdasarkan pantauan, sekelompok jamaah tampak menunaikan Sholat Subuh berjamaah di depan Kakbah yang suci. TV milik Pemerintah Saudi, al-Akhbariyah melaporkan, kaum Muslim yang hadir di Masjidil Haram pagi tadi tampak menjaga jarak satu sama lain. Mereka juga mengenakan masker.

Arab Saudi telah menangguhkan kegiatan ibadah di Masjdil Haram sejak Maret lalu. Pemerintah setempat juga menangguhkan kegiatan ibadah di masjid-masjid lain di seluruh negeri padang pasir itu sebagai tindakan pencegahan Covid-19.

Kini, pembatasan tersebut dicabut secara bertahap. Arab Saudi juga mulai mengizinkan penyelenggaraan ibadah umrah secara bertahap mulai dari 4 Oktober lalu.

 

Sumber : iNews